ANDRIW

Foto saya
Metro-Jogja-Solo-Jakarta, Indonesia
* S3 Pendidikan Bahasa - Universitas Negeri Jakarta * S2 Pendidikan Bahasa Indonesia - Universitas Sebelas Maret Surakarta. * S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - Universitas Negeri Yogyakarta, * SMAN 2 Metro * SMP Kartikatama Metro * SDN 5 Metro Selatan
(HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG.BAGI YANG MENGUTIP HARAP MENCANTUMKAN NAMA PENULIS)

Senin, 16 Januari 2012

Tata Cara Pendaftaran SNMPTN Undangan 2012


  1. Kepala sekolah login ke laman http://undangan.snmptn.ac.id. Kemudian memilih menu SEKOLAH. Pada tahun 2011 lalu, sekolah harus mendaftarkan profil sekolah untuk pertama kali. Kepala sekolah melengkapi data sekolah, mulai dari tahun pendirian, NSS, alamat sekolah, profil kepala sekolah, kemudian mengupload scan Sertifikat Akreditasi sekolah. Hal ini hanya dilakukan sekali. Setelah melengkapi data, kepala sekolah akan mendapatkan username dan password.
  2. Kepala sekolah dapat login dengan menggunakan username dan password yang telah ia pilih. Jika lupa dengan password, bisa mengirimkan request untuk mereset password lewat form yang disediakan.
  3. Kepala sekolah mengisikan daftar kelas XII (rombongan belajar) yang ada di sekolah, juga memilih tipe kelas yang ada. Ada pilihan kelas akselerasi, nantinya 100% siswanya dapat didaftarkan pada SNMPTN Undangan ini. Ada kelas RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) atau kelas unggulan, 75% dari siswa terbaik dapat didaftarkan. Atau juga pilihan kelas reguler pada sekolah berakreditasi A, B dan C berturut-turut hanya dapat mendaftarkan 50%, 25% dan 10% siswa terbaiknya pada SNMPTN Undangan ini.
  4. Setelah daftar kelas tercantum pada database, langkah selanjutnya adalah kepala sekolah memasukkan satu demi satu nama siswa pada masing-masing kelas. Untuk mempermudah proses ini, sistem telah memberikan pilihan untuk mengupload daftar nama siswa lewat template microsoft excel yang disediakan. Dengan cara ini, kepala sekolah hanya perlu mengisi daftar nama siswa lewat excel kemudian menguploadnya secara langsung. Otomatis nama siswa akan tercantum di dalamnya. Salah satu hal penting dalam pengisian nama siswa ini adalah pengisian dilakukan berdasarkan urutan peringkat kelas. Ini artinya, siswa terbaik pertama berada pada urutan nomor 1, siswa terbaik kedua berada pada urutan nomor 2, dan seterusnya. Setelah selesai semua kelas, baru dapat dilakukan finalisasi data. Pemberian rekomendasi hanya dapat dilakukan jika data siswa pada tiap-tiap kelas telah final. Setelah final, data siswa pada tiap kelas tidak dapat diubah. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian form ini, silakan ajukan permintaan reset data pada helpdesk SNPMTN Jalur Undangan.
  5. Oke. Saya anggap bapak kepala sekolah sudah mengisi daftar kelas dan daftar nama siswa berdasarkan peringkat. Langkah selanjutnya adalah memberikan rekomendasi. Pemberian rekomendasi ini adalah langkah yang sedikit ribet. Karena kepala sekolah harus menginput nilai raport setiap mata pelajaran masing-masing siswa secara manual. Tahun lalu belum ada sistem input nilai lewat excel. Ribetnya karena nilai yang harus dimasukkan adalah nilai dari kelas X hingga kelas XII semester 2. Artinya ada 5 semester. Hufh ... 
  6. Setelah daftar nilai keseluruhan siswa pada masing-masing kelas selesai, bapak kepala sekolah dapat melakukan finalisasi. Biasanya di langkah ini akan ada form untuk memilih menerima beasiswa Bidik Misi. Secara otomatis siswa yang penghasilan orang tuanya kurang dari 1,2juta per bulan akan mendapatkan pilihan beasiswa Bidik Misi. Siswa dapat memilih untuk menerima atau tidak. Setelah itu, baru finalisasi data. Sama seperti langkah sebelumnya, finalisasi data hanya dapat dilakukan sekali. Jika ada kesalahan dalam memberikan rekomendasi, maka kepala sekolah dapat meminta helpdesk untuk mereset data. 
  7. Setelah finalisasi data, maka akan muncul nomor pendaftaran dan password setiap siswa yang sudah direkomendasi. Kepala sekolah boleh memberikan nomor ini pada siswa agar mereka dapat melakukan pendaftaran sendiri.
  8. Setelah menerima nomor pendaftaran dan password, siswa secara mandiri mendaftar SNMPTN Undangan 2012 dengan mengakses laman utama SNMPTN Undangan, kemudian memilih form SISWA. Pada tahap ini, siswa mengisi lebih banyak data tentang dirinya. Termasuk data orang tua, tempat tinggal, mengupload foto diri dan foto sertifikat (jika ada), kemudian memilih jurusan. Siswa dapat memilih 2 PTN dengan masing-masing PTN dapat memilih 3 jurusan. Ini artinya siswa berhak memilih 6 jurusan berbeda. Wow.
  9. Setelah semua data lengkap, maka siswa dapat mencetak Kartu Peserta SNMPTN Jalur Undangan 2012.
  10. Setelah tahap pendaftaran SNMPTN Undangan via online, siswa yang tidak memilih beasiswa Bidik Misi atau penghasilan orang tuanya lebih dari batas minimal, wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 175.000 pada bank-bank yang telah ditentukan. Sedangkan bagi siswa yang terintegrasi dengan Bidik Misi, hanya perlu menunggu waktu pengumuman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar