Daftar Judul Tesis PB/S2

PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA
TAHUN LULUS 2005 -2010


© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


1.
Keterampilan menulis komposisi kaitannya dengan pengetahuan kosakata dan
kemampuan penalaran (Arwanto, Joko, 2000)
2.
Hubungan antara keterampilan mengidentifikasi gagasan utama paragraf dan
pengetahuan struktur kalimat dengan hasil belajar membaca pemahaman : survey
pada mahasiswa program pendidikan bahasa inggris FKIP Universitas Sebelas Maret
Surakarta (1999) (Budi Santosa, Rochmat, 2000)
3.
Kemampuan apresiasi puisi bahasa inggris : studi korelasional antara ketrampilan
menerjemahkan dan pemahaman lintas budaya dengan kemampuan apresiasi puisi
bahasa inggris (2000) (Laya, Rachmi, 2000)
4.
Keterampilan membaca pemahaman : studi korelasional antara pengetahuan awal
dan kemampuan kosakata dengan keterampilan membaca pemahamanb Bahasa
Inggris (Pelenkahu, Noldy, 2000)
5.
Kemampuan membaca pemahaman Bahasa Inggris : studi korelasional antara
penguasaan kosakata, motivasi berprestasi dengan kemampuan membaca
pemahaman Bahasa Inggris pada mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Mataram (2000) (Saleh, Huriyah, 2000)
6.
Penguasaan kosakata Bahasa Indonesia : eksperimen di kelas V Sekolah Dasar
Cianjur (1998) (Sumaryati, M.L.A, 2000)
7.
Interferensi Bahasa Jawa ke dalam Bahasa Indonesia pada proses belajar mengajar :
penelitian kualitatif di Kelas 6 SD IV Sragen (1998) (Syamhudi, 2000)
8.
Pengaruh teknik membaca dan jenis kelamin terhadap kemampuan membaca
pemahaman teks bahasa Inggris pada Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Bogor
(Fatchurochman, Nanang, 2001)
9.
Kemampuan membaca pemahaman teks Bahasa Jerman : suatu studi korelasi
pengetahuan Landeskunde dan kemampuan menyimpulkan makna dari konteks
dengan kemampuan membaca pemahaman teks Bahasa jerman di Program
Pendidkan Bahasa Jerman FPBS UPI Bandung (1999) (Hafdarini, 2001)
10.
Kemempuan membaca pemahaman bahasa arab : studi korelasional antara
penguasaan kosakata bahasa arab dan kemampuan bernalar dengan hasil belajar
membaca pemahaman bahasa arab mahasiswa jurusan bahasa arab FBS
Universitas Negeri Jakarta (2000) (Kahar, Hazmida, 2001)
11.
Keterampilan menulis argumentasi : survei di SMU Negeri Jakarta (2000) (Karim,
Yurni, 2001)
12.
Kesiapan membaca anak TK B : studi hubungan antara pengasuhan orang tua dan
status sosial ekonomi dengan kesiapan membaca anak TK B di kecamatan
Pesanggrahan Jakarta Selatan (2000) (Marsinah, Ngadi, 2001)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 1 |



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


13.
Hubungan antara pengetahuan kosakata dan kemampuan struktur kalimat Bahasa
Indonesia dengan keterampilan menulis siswa SMU Negeri Sragen Surakarta (1999)
(Ngatmanto, Edy, 2001)
14.
Keterampilan menulis Bahasa Jawa : studi korelasional antara pemahaman tingkat
tutur dan kompetensi tatabahasa dengan keterampilan menulis mahasiswa
Program Studi Bahasa Jawa Univet Bentara Sukoharjo Surakarta (1999)
(Priyatiningsih, Nurpeni, 2001)
15.
Keterampilan berbicara : hubungan nya dengan kompetensi gramatikal dan
kemampuan menyimak mahasiswa program studi bahasa Jerman Unesa (1998)
(Pujosusanto, Ari, 2001)
16.
Keterampilan berbicara Bahasa Inggris : studi korelasional antara pemahaman
kosakata dan kompetensi gramatika Bahasa Inggris dengan keterampilan berbicara
bahasa Inggris (1999) (Pulungan, Sondang Nauli, 2001)
17.
Kemampuan menyimak Bahasa Jerman : suatu studi pada mahasiswa Jurusan
Bahasa Jerman Universitas Negeri Jakarta (1999) (Santiah, 2001)
18.
Hasil belajar mengarang : studi korelasi keterampilan membaca pemahaman dan
kemampuan gramatika dengan hasil belajar mengarang siswa Kelas I SMU Al Azhar
(1999) (Setiawati, Lis, 2001)
19.
Kemampuan menulis argumentasi : studi korelasional antara motivasi menulis dan
penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis argumentasi di Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UHAMKA (2000) (Solihati, Nani, 2001)
20.
Hasil belajar mengarang : studi korelasional penguasaan kosakata dan kemampuan
memahami gambar berseri dengan hasil belajar mengarang pada siswa Kelas V
sekolah dasar sekecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat (2000) (Subiyantoro, Urip
Rudi, 2001)
21.
Pengaruh tujuan dan teknik pengajaran membaca terhadap pemahaman teks
Bahasa Jerman : suatu studi eksperimen di Jurusan Bahasa Jerman Universitas
Negeri Jakarta (1999) (Yunus, Miranda, 2001)
22.
Keterampilan berbicara bahasa Inggris : studi korelasional penguasaan kosakata
dan kemampuan gramatika dengan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa IEC
Jakarta (Zainuri, A. M, 2001)
23.
Pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran menulis karangan narasi :
eksperimen tentang pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar
menulis karangan siswa SD (2000) (Zulela, M. S, 2001)
24.
Kemampuan mengkaji prosa fiksi : hubungannya dengan sikap terhadap karya
sastra dan keterampilan membaca kritis (1999) (Zulfahnur, Z. F, 2001)
25.
Membaca pemahaman teks berbahasa Inggris : studi korelasional pengetahuan
organisasi teks dan kompetensi tata bahasa dengan membaca pemahaman teks
berbahasa Inggris di Fakultas Hukum Universitas Trisakti Jakarta (2001) (Amriyati,
2002)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 2 |



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


26.
Kemampuan membaca pemahaman : hubungan penilaian siswa terhadap proses
belajar-mengajar dan motivasi belajar dengan kemampuan membaca pemahaman
siswa SMU Negeri 8 Jakarta (2002) (Angraeni, Enny, 2002)
27.
Kemampuan menulis wacana narasi bahasa Arab : survei di IAIN Syarif Hidayatullah
Jakarta (2002) (Ghozi, Ahmad, 2002)
28.
Hubungan anatara inteligensi siswa dan perhatian ibu siswa dengan prestasi belajar
bahasa Indonesia siswa : studi korelasional di SMU Negeri 101 Jakarta
(Kunwardhany, Kun, 2002)
29.
Gambaran masyarakat betawi dalam novel SI Dul Anak Jakarta karya Aman Datuk
Madjoindo : sebuah telaah sosiologi sastra (Mahmud, Amir, 2002)
30.
Keterampilan menulis komposisi : studi korelasi kemampuan analisis teks dan
motivasi menulis dengan keterampilan menulis komposisi di SMU Katolik St.
Thomas 1 Medan T.A 2001/2002 (Manurung, Parlindungan, 2002)
31.
Hasil belajar membaca bahasa Arab kaitannya dengan kompetensi gramatikal dan
pengetahuan budaya Arab (Pantu, Ayuba, 2002)
32.
Kemampuan menulis argumentasi : studi korelasional kemampuan penalaran dan
pemahaman kosakata dengan kemampuan menulis argumentasi di Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UHAMKA Jakarta (Qura, Ummul,
2002)
33.
Keterampilan berbicara ditinjau dari segi penguasaan gramatika dan kemampuan
menggunakan fungsi-fungsi kominikatif bahasa (2001) (Saefudin, 2002)
34.
Hasil belajar membaca Bahasa Indonesia : studi korelasional minat belajar Bahasa
Indonesia dan kebiasaan belajar Bahasa Indonesia dengan hasil belajar membaca
Bahasa Indonesia siswa SMU di Demak (Setyawati, Rukni, 2002)
35.
Kemampuan apresiasi cerita rakyat : hubungan dengan sikap terhadap sastra dan
pengetahuan struktur karya sastra (Suherlan, 2002)
36.
Korelasi kemampuan membaca kreatif dan penguasaan teori dengan kemampuan
mengapresiasi puisi mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP
UHAMKA (2001) (Sukardi, K, 2002)
37.
Keterampilan berbicara Bahasa Inggris : survei di SMU Lab. School Jakarta (2001)
(Widiatmoko, 2002)
38.
Kemampuan apresiasi puisi anak : studi korelasional antara sikap apresiatif
terhadap sastra anak dan pengetahuan tentang topik dengan kemampuan apresiasi
puisi anak di SD negeri no. 17 dan 18 Cempaka Putih Barat Jakarta (Yarmi, Gusti,
2002)
39.
Hubungan pengetahuan kebudayaan Prancis dan kemampuan membaca
pemahaman dengan keterampilan menulis Bahasa Prancis : sebuah survei di FBS
Universitas Negeri Jakarta (2001) (Zen, Siti Renggo Geni, 2002)
40.
Kemampuan apresiasi cerpen : studi korelasional sikap terhadap sastra dan
pemahaman bacaan dengan kemampuan apresiasi cerpen di Jurusan Bahasa dan
Sastra Arab UNJ (Zuriyati, 2002)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 3 |



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


41.
Kemampuan apresiasi cerita anak : studi korelasional antara minat baca cerita dan
pengetahuan struktur karya sastra dengan kemampuan apresiasi cerita anak (2002)
(Abubakar, Benyamin H, 2003)
42.
Kemampuan menulis argumentasi Bahasa Indonesia : studi korelasional
penguasaan struktur kalimat dan tingkat intelegensia dengan kemampuan menulis
argumentasi Bahasa Indonesia siswa SMU Kharismawita Depok Jawa Barat
(Amindari, 2003)
43.
Kemampuan berbicara Bahasa Jerman : studi korelasional motivasi belajar dan
pemahaman bacaan dengan kemampuan berbicara mahasiswa Bahasa Jerman di
FBS-Universitas Negeri Manado Tahun Pelajaran 2001/2002 (Apituley, Patresia
Silvana, 2003)
44.
The relationship between emotional intelligence, skill of reading comprehension
and writinfg ability of fictional narration in English (Apoko, Tri Wintolo, 2003)
45.
Relevansi isi kurikulum Bahasa Arab Madrasah Aliyah 1994 dan buku teks dengan
tujuan pemahaman Al-Qur'an Al-Karim (Arifin, Syamsul, 2003)
46.
Kemampuan menulis narasi : studi korelasi minat membaca dan pemahaman
kosakata dengan kemampuan menulis narasi siswa SMU 44 Jakarta Timur (2003)
(Badriyah, Ratu, 2003)
47.
Pengaruh metode pengajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar bahasa Inggris
: suatu penelitian eksperimen di sekolah dasar swasta Ikatan Kesejahteraan
Keluarga Tentara, Jakarta Barat (2001) (Burhayani, 2003)
48.
Kemampuan menyusun naskah pidato : studi korelasional sikap terhadap Bahasa
Indonesia dan hasil belajar gaya bahasa dengan kemampuan menyusun naskah
pidato mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif
Hidayatullah Jakarta (2002) (Fitriyah, Mahmudah ZA, 2003)
49.
Interferensi bahasa Jawa dialek Banten dalam kemampuan menulis karangan
bahasa Indonesia siswa SLTP Negeri 2 Pamarayan Serang (Hasani, Aceng, 2003)
50.
Interferensi fonologi dan leksikal Bahasa Minangkabau terhadap penggunaan
Bahasa Indonesia lisan murid SD Negeri 05 Padang (Hendrizon, 2003)
51.
Keterampilan menulis narasi Bahasa Indonesia : survei di SDN Murid Kelas VI Kota
Utara Propinsi Gorontalo (2002) (Jafar, Yusuf, 2003)
52.
Kemampuan menerjemahkan teks : studi korelasional sikap mahasiswa terhadap
mata kuliah Bahasa inggris dan pemahaman gramatika dengan kemampuan
menerjemahkan teks bahasa Inggris di Program Study Kebidanan Rangkasbitung
Poltekkes Bandung (Juniardi, Yudi, 2003)
53.
Hubungan kemampuan penalaran dan pengetahuan tata bahasa dengan
keterampilan menerjemah wacana Bahasa Arab (Khoiriyah, Lila, 2003)
54.
Aplikasi kurikulum Bahasa Inggris 1994 di Madrasah Aliyah Negeri VII Srengseng
Sawah Jakarta Selatan (Kilun, Yusra, 2003)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 4 |



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


55.
Keterampilan menyimak Bahasa Indonesia : studi korelasional pengetahuan makna
leksikal dan kemampuan penalaran dengan keterampilan menyimak Bahasa
Indonesia siswa SMU Negeri 11 Jakarta (2002) (Marlinah, 2003)
56.
Kemampuan berkomunikasi lisan : studi korelasional pemahaman kosakata dan
sikap mahasiswa terhadap Bahasa Inggris dengan kemampuan berkomunikasi lisan
mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Gorontalo (Pakaya, Nukman,
2003)
57.
Kesalahan bahasa pada terjemahan teks berbahasa Indonesia ke dalam Bahasa
Arab di Pesantren Darul Arafah Medan (2003) (Panggabean, Syaiful Rahmat, 2003)
58.
Hasil belajar struktur Bahasa Arab : hubungan dengan afeksi mahasiswa terhadap
Bahasa Arab dan motivasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Banten (Suherman, 2003)
59.
Keterampilan menulis narasi Bahasa Indonesia : studi korelasi sikap terhadap sastra
dan kemampuan membaca cerita dengan keterampilan menulis narasi siswa SMU
38 Negeri Jakarta (Syarif, Elina, 2003)
60.
Keterbacaan dan kesulitan pemahaman teks buku pelajaran IPA sekolah dasar Kelas
3 (Trihartati, Wahyu, 2003)
61.
Keterampilan menyimak Bahasa jerman : studi korelasional penguasaan kosakata
Bahasa jerman dan daya ingat dengan keterampilan menyimak Bahasa Jerman
siswa SMU Negeri 6 Surakarta (2002) (Widiyatmoko, 2003)
62.
Hasil belajar bahasa ARab : hubungan antara sikap terhadap bahasa Arab dan
lingkungan bahasa Arab dengan hasil belajar bahasa Arab (Amirullah, 2004)
63.
Pembelajaran Bahasa Inggris di kelompok bermain : penelitian etnigrafi di Ananda
Marga Special Academic Institute (AMSAI) Preschool Jakarta (Amperawati,
Maisaroh, 2004)
64.
Keterampilan berbicara bahasa Inggris : studi korelasi kemampuan gramatika dan
pengetahuan budaya Inggris dengan keterampilan berbicara bahasa Inggris
mahasiswa Universitas Ibnu Khaldun Bogor (Aswadih, 2004)
65.
Studi korelasi pengetahuan penalaran verbal dan sikap terhadap pembelajaran
Bahasa Inggris dengan keterampilan menulis surat bisnis dalam Bahasa Inggris
mahasiswa Akademi Sekretari dan Manajemen Sriwijaya Palembang (Erliansyah,
2004)
66.
Kemampuan memahami bacaan teks berbahasa Arab dalam hubungannya dengan
penguasaan kosakata dan motivasi baca : survei pada mahasiswa Prodi Pendidikan
Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah STAIN "Sulktan Maulana Hasanuddin Banten Serang
2003 (Faturohman, Nandang, 2004)
67.
Studi korelasional persepsi mengenai bahasa Inggris dan motivasi membaca dengan
keterampilan menyimak bahasa Inggris mahasiswa program studi bahasa Inggris
STAIN Cirebon (Gunawan, Aang Sastra, 2004)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 5 |



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


68.
Studi korelasional antara minat baca dan penguasaan kosakata dengan
kemampuan memahami bacaan mahasiswa FKIP Universitas Suktan Agung
Tirtayasa Serang (Hanafi, M. Syadeli, 2004)
69.
Pemahaman bacaan Bahasa Inggris : hubungan antara persepsi siswa tentang
kemampuan guru mengelola kelas dan penmguasaan kosakata dengan pemahaman
bacaan Bahasa Inggris siswa SMUN 55 Jakarta Selatan (Holilah, 2004)
70.
Kemampuan mengajar Bahasa Indonesia mahasiswa PPL FKIP UHAMKA Jakarta :
suatu analisis kualitatif deskriptif (Ibrahim, Nini, 2004)
71.
Kemampuan berbicara Bahasa Inggris : pengaruh bahasa pengantar dan kecemasan
terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa SMUN I Babelan Bekasi
(Iskandar, Muniroh, 2004)
72.
Penggunaan Bahasa Indonesia lisan oleh siswa yang berbahasa ibu bahasa Jawa
dialek Banten : penelitian etnografis di kelas IV SD Negeri Sepang Kabupaten Serang
(Istimurti, Meti, 2004)
73.
Morfologi Bahasa Melayu Patani (Jehwae, Phaosan, 2004)
74.
Hubungan minat sastra dan penguasaan semantik dengan keterampilan menulis
narasi : survei pada siswa SMP Negeri 85 Jakarta Selatan (Kusrini, 2004)
75.
Pengaruh buku teks dan tipe kepribadian siswa terhadap hasil belajar Bahasa
Inggris : studi eksperimen pada kelas II SLTP Negeri 7 Jakarta (Nainggolan, Lisken,
2004)
76.
Pesan-pesan kemanusiaan dalam kumpulan puisi ballada orang-orang tercinta
karya Rendra : sebuah tinjauan struktural genetik (Setyawati, Erna, 2004)
77.
Keterampilan menganalisis cerita pendek : studi korelasional pengetahuan
unsur0unsur fiksi dan kemampuan berpikir kreatif verbal dengan keterampilan
menganalisis cerita pendek (2004) (Suhairi, 2004)
78.
Kemampuan menulis eksposisi : studi korelasional antara motivasi belajar dan
penguasaan struktur kalimat dengan kemampuan menulis eksposisi di SMKN 15
Jakarta Selatan (Sumardi, Joko, 2004)
79.
Hubungan penguasaan kosakata dan kemandirian belajar dengan pemahaman
wacana (Supandi, 2004)
80.
Kesalahan gramatika dan kesalahan mekanik dalam menulis narasi pada mahasiswa
tahun kedua Jurusan Bahasa Unggris STBA Pertiwi Jakarta (Supeni, Sri, 2004)
81.
Analisis kesalahan bahasa pada terjemahan berbahasa Indonesia ke dalam Bahasa
Inggris (Syarifudin, 2004)
82.
Studi korelasional kompetensi gramatikal dan motivasi belajar dengan hasil belajar
membaca bahasa Arab : survei di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kendari
(Wahab, La Ode Abd, 2004)
83.
Kemampuan menulis narasi : studi korelasi kecerdasan emosional dan berpikir
kreatif dengan kemampuan menulis narasi bahasa Inggris mahasiswa STKIP Kusuma
Negara Jakarta (Wahid, Abdul, 2004)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 6 |



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


84.
Analisis penggunaan afiksasi dan konjungsi dalam karangan mahasiswa baru
Unibversitas Negeri Jakarta (Yamilah, M, 2004)
85.
Pandangan Dunia dalam Novel Kotbah di Atas Bukit Karya Kuntowijoyo (Indonesia)
dengan Novel Munajat di Perkebunan Karya Othman Puteh (Malaysia) (Aam
Nurjaman, 2005)
86.
Studi Korelasional antara Pemahaman Gaya Bahasa (Balaghah) dan Pemahaman
Sintaksis (Nahwu) dengan Kemampuan Dasar Menulis Bahasa Arab (Abdul Ghofar,
2005)
87.
Verba Transitif Bahasa Bima (Kajian Morfosintaktis) (Alek, 2005)
88.
Pemahaman Kalimat Bahasa Jepang (Cepi Suwangga, 2005)
89.
Proses Belajar Mengajar Bahasa Inggris (Penelitian Etnografi di SMAN 1 Serang)
(Dede Nurhayati, 2005)
90.
Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan
Berbicara Bahasa Inggris (Herlina, 2005)
91.
Pengaruh Teknik Pembelajaran Komunikatif dan Tipe Kepribadian terhadap
Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris (Studi Eksperimen pada Siswa SMK Negeri 1
Gorontalo) (Iwin Daud, 2005)
92.
Kesalahan Leksikal dan Sintaksis dalam Menulis Narasi Bahasa Inggris pada
Mahasiswa Semester III Universitas Kristen Indonesia (Marthinus Goas, 2005)
93.
Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris Mahasiswa (Studi Korelasi antara Skemata dan
Penguasaan Kosakata dengan Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris Mahasiswa FKIP
UHAMKA Jakarta) (Martriwati, 2005)
94.
Hubungan Minat Belajar Bahasa Indonesia dan Penguasaan Kosakata dengan
Keterampilan Menulis Kalimat Efektif Bahasa Indonesia (Muhammad Kamal, 2005)
95.
Pengaruh Teknik Pembelajaran Komunikatif dan Tipe Kepribadian Siswa terhadap
Prestasi Belajar Berbicara Bahasa Inggris (Mursidin Mokobombang, 2005)
96.
Keefektifan Kalimat dan Paragraf dalam Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Sekolah
Dasar Kelas 6 (Siti Sofiah, 2005)
97.
Penulisan Feature Surat Kabar dan Implikasinya bagi Pendidikan Bahasa (Sugeng
Riadi, 2005)
98.
Pengajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern Subulussalam Kresek
Balaraja Tangerang (Sulaeha, 2005)
99.
Perwatakan tokoh-tokoh dalam Novel Gadis Tangsi Karya Suprapto Brata (Sebuah
Tinjauan Psikoanalisis Sigmund Freud) (Sylvia Irene Persulessy, 2005)
100.
Verba Intransitif Bahasa Muna (Kajian Morfologi, Sintaksis dan Semantik) (Usman,
2005)
101.
Kesalahan Sintaksis dalam teks Presentasi Siswa Conservation-4 LBPP LIA Depok
(Yeni Sri Muliyaningsih, 2005)
102.
Pengaruh Tugas Membaca Ekstensif dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar
Bahasa Inggris Siswa Kelas Satu SMAN 59 Jakarta (Yosephine Tundang, 2005)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 7 |



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


103.
Studi Korelasional Sikap Siswa terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan
Pengetahuan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Karangan Siswa SMA (Asep
Muhyidin, 2006)
104.
Pengaruh Gaya Belajar dan Penguasaan Kosakata terhadap Pemahaman Bacaan
Bahasa Inggris Teks Ekonomi (Budi Rachmawati, 2006)
105.
Campur Kode, Alih Kode dan Interferensi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di
SDN Panggarangan IV Tahun Pembelajaran 2004/2005 (Studi Fenomenologis
terhadap Guru dan Murid Kelas V yang Berlatar belakang Bahasa Sunda di SDN
Panggarangan IV Kabupaten Lebak (Dase Erwin Juansah, 2006)
106.
Analisis Kontrastif Afikasi dan Reduplikasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda (Elih
Solihatul Milah, 2006)
107.
Model Penilaian Terjemahan Teks Informatif Bahasa Inggris ke dalam Bahasa
Indonesia (Emi Mardiani, 2006)
108.
Studi Korelasional antara Minat Baca dan Konsep Diri dengan Keterampilan
Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa FKIP Universitas Muhamadiyah Prof. Dr.
Hamka (Heni Novita Sari, 2006)
109.
Kemampuan Apresiasi Novel Hubungan dengan Pengetahuan Sastra dan Sikap
terhadap Sastra (Iyoh Marwiah, 2006)
110.
Pengajaran Kosakata dan Kalimat dalam Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing
(BIPA) Tingkat Pemula: Sebuah Analisis Isi (Kasno, 2006)
111.
Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif melalui Pembelajaran Model Sinetika
dengan Teknik Menulis Berantai (Penelitian Tindakan di SMP Negeri I Tanjungraja)
(Metro Jaya, 2006)
112.
Kemampuan Apresiasi Puisi: Hubungan Berpikir Kreatif dan Pengetahuan Semiotik
dengan kemampuan Apresiasi Puisi (Survei pada Mahasiswa Unversitas Negeri
Gorontalo) (Muslimin, 2006)
113.
Peningkatan Kompetensi Berbicara Bahasa Indonesia melalui Strategi Bercerita:
Riset Aksi di Kelas II SD Santa Theresia Jakarta (Nou Modesta, 2006)
114.
Analisis Struktur dan Makna Puisi Karya Siswa SLTA dalam Majalah Horizon
(Nurhadi, 2006)
115.
Kesalahan Morfologi dan Kesalahan Sintaksis dalam Karangan Narasi Bahasa Inggris
Siswa SMA 77 Jakarta (Rivalti, 2006)
116.
Pembelajaran Bahasa Lampung di Sekolah Menengah Pertama Provinsi Lampung
(Studi Naturalistik di SMPN I Kota Metro Lampung) (Romli, 2006)
117.
Kalimat Ragam Bahasa Tulis Kalangan Remaja pada Majalah Gadis, Hai dan
Kawanku (Somadi, 2006)
118.
Bahasa Sunda di kabupaten Brebes : Suatu Kajian Morfologis (Sry Satriya Tjatur
Wisnu Sasangka, 2006)
119.
Kesalahan di dalam Berbicara dan Menulis Bahasa Inggris pada Mahasiswa Fakultas
Sastra Universitas Nasional, Jakarta (Syahfitri Purnama, 2006)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 8 |



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


120.
Pengaruh Metode dan Interaksi Sosial terhadap Kemampuan Menulis Eksposisi
Bahasa Inggris (Tri Rahmiyati Marsoeki, 2006)
121.
Pemahaman Bacaan Bahasa Indonesia (Studi Korelasional Konsep Belajar dan
Berpikir Kreatif dengan Pemahaman Bacaan Bahasa Indonesia Mahasiswa UIN
Syarif Hidayatullah Jakarta) (Yunarni Siregar, 2006)
122.
Teaching Writing for Advanced Students (An Ethnographic Study at LBPP LIA Kelapa
Gading North Jakarta) (Afaf Bahrul Fatiyah, 2007)
123.
Kesalahan Pelafalan Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa
Inggris FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Aisyah Hamidiyah, 2007)
124.
Pengajaran Bahasa Inggris (Penelitian Etnografi di SMA Negeri 81 Jakarta Timur)
(Damrah Nasution, 2007)
125.
Simbol dan Nilai Budaya Upacara Adat Kutai dalam Babad Salisah Kutai: Kajian
Antropologi Sastra (Halimi Hadibrata, 2007)
126.
Implementasi Pengajaran Bahasa Arab Komunikatif di Madrasah Tsanawiyah (Studi
Kualitatif di MTs. Kelas III As-Syafi'iyyah Bali Matraman Tebet Jakarta Selatan)
(Hasanuddin Chaer, 2007)
127.
Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris melalui Pendekatan Interaktif,
Kolaboratif dan Reflektif (Suatu Penelitian Tindakan di SMA Negeri 5 Kendari
Sulawesi Tenggara) (Haslan, 2007)
128.
Studi Korelasional antara Motivasi Menulis dan Pengetahuan Struktur Karya Sastra
Fiksi dengan Kemampuan Menulis Narasi (Mimin Mintarsih, 2007)
129.
Teladan Kisah Musa dalam Al-Qur'an (Suatu Penelitian Struktural Semiotik)
(Romdani, 2007)
130.
Pengaruh Tugas Membaca Ekstensif dan Minat Baca terhadap Pemahaman Bacaan
Siswa (Eksperimen pada SMA Negeri 34 Jakarta) (Siti Ansoriyah, 2007)
131.
Penumbuhan Kemampuan Membaca Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar
melalui Metode Montessori (Penelitian Tindakan di SDN Perumnas IX Tangerang)
(Siti Drivoka Sulistyaningrum, 2007)
132.
Grammatical Error in Lecturers' English Speaking Ability (Content Analysis in The
English Department of Universitas Sultan Ageng Tirtayasa) (Syafrizal, 2007)
133.
Teks Bacaan Bahasa Inggris Kajian Linguistik Fungsional Sistemik (Studi Deskriptif di
SMK Negeri I Kolaka Propinsi Sulawesi Tenggara) (Tamrin, 2007)
134.
Kesalahan Fonologis dalam Berbicara Bahasa Arab pada Kelas XI Aliyah di Pondok
Modern Gontor 7 Sulawesi Tenggara (Abdul Rahman Jaya, 2008)
135.
Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis melalui Pidato dan tanya
jawab (Penelitian tindakan di Jurusan Bahasa Prancis FBS UNJ) (Amalia Saleh, 2008)
136.
Kesalahan Gramatikal dalam Karangan Eksposisi Berbahasa Inggris Mahasiswa IAIN
SMHB Serang (Arif Fahrudin, 2008)
137.
Pembelajaran Keaksaraan Bahasa Indonesia (Studi Kualitatif pada Kelompok Belajar
Keaksaraan Fungsional Mahabbah di Desa pulo Kencana, Pontang, Serang)
(Bambang Chrismanto, 2008)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 9 |



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


138.
Kesalahan Fonologis dalam Membaca Nyaring Teks-teks Berbahasa Inggris (Suatu
Studi Analisis Isi di Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) (Banun
Binaningrum, 2008)
139.
Peningkatan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris Kelas VIII-3 melalui Model
Cooperative Learning (penelitian Tindakan di SMP Negeri 13 Bekasi) (Bejo Sutrisno,
2008)
140.
Child Abuse in Julie Gregory's Novel "Sickened" (A Study of Psychoanalytic
Literature) (Christine Mamaghe, 2008)
141.
Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris melalui Strategi Contextual
Teaching and Learning (CTL) dengan Teknik Simulasi (Suatu Penelitian Tindakan
pada MAN 2 Jakarta) (Cut Nyanyak Ummu Athiyah, 2008)
142.
Kesalahan Leksikal dan Sintaksis dalam Penulisan Surat Lamaran Kerja Berbahasa
Inggris: Penelitian di Lembaga Bahasa dan Pendidikan Profesional di lembaga
Indonesia Amerika Afiliasi Triguna Jakarta (D. Parlindungan Sianipar, 2008)
143.
Morphological and Syntactical Errors in English Written Composition by The
Students of Akademi Sekretari budi Luhur 2007/2008 (Didik Hariyadi Raharjo, 2008)
144.
Pemelajaran Menulis Bahasa Inggris di Kelas XI SMA Labschool Jakarta (Sebuah
Kajian Etnografi) (Elvy Usmirawati, 2008)
145.
Peningkatan Kemampuan Membaca melalui Strategi Metakognitif PQ4R: Sebagai
Penelitian tindakan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP
Universitas Pakuan Bogor (Eri Sarimanah, 2008)
146.
Keterampilan Berpidato (Studi Korelasional Konsep Diri dan Kemampuan Menyimak
dengan keterampilan Berpidato di SMAN II Depok) (Farida Ariani, 2008)
147.
Penggunaan Majas dalam Novel "Ayat-ayat Cinta" Karya Habiburrahman El-Shirazy
(Hanafi, 2008)
148.
Dimensi Sufistik dalam Kumpulan Cerpen Batu-Batu Setan Karya M. Fudoli Zaini:
Sebuah kajian Struktural-Hermeneutik (Moh. Hamzah, 2008)
149.
Citra Perempuan dalam Novel Aku Supiah Istri Hardhian Karya Titis Basino (Sebuah
Kajian Jender) (Ninawati Syahrul, 2008)
150.
Interferensi Fonologis Bahasa Indonesia terhadap Pengucapan Bahasa Jepang
(Penelitian Deskriptif di Universitas Darma Persada) (Nuniek Setya Sukmayani,
2008)
151.
Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Inggris melalui Media Gambar
Berseri (Penelitian Tindakan di Kelas X SMA Labschool jakarta tahun Ajaran
2007/2008) (Nur Arifah Drajati, 2008)
152.
Peningkatan Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris dengan Menggunakan Materi
Otentik melalui Belajar Mandiri (Suatu Riset Aksi di Program Khusus Fakultas
Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta) (Nurul Handayani,
2008)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 10 |



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


153.
Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Pembelajaran bahasa
Inggris (Suatu Studi Etnografis di SMA Negeri 1 Kabupaten Bima) (Nurul Mubin,
2008)
154.
Pesan-pesan Kemanusiaan dalam Novel Kuroi Ame (Hujan Hitam) Karya Ibuse
Masuji : Sebuah kajian Struktural Genetik (Oke Diah Arini, 2008)
155.
Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Kontekstual di SMPN 115 Jakarta (Suatu
Penelitian Etnografi) (Pasuria Simanjuntak, 2008)
156.
Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Koba Kabupaten
Bangka Tengah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung (Suatu Penelitian Etnografi)
(Rusdianto, 2008)
157.
A Model Development of English Language Syllabus As General Lesson (MKU) At
Economic Faculty Of Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Siti Hikmah, 2008)
158.
Strategi Kesantunan Direktif Berbahasa Indonesia ditinjau dari Jenis kelamin (Studi
Kualitatif pada Dosen dan Staf FKIP Untirta) (Siti Suharsih, 2008)
159.
Pengenalan Bahasa Inggris di Prasekolah (Penelitian Etnografi di Kuncup Pertiwi
Preschool Kendari) (Sitti Fauziah M, 2008)
160.
Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar (Penelitian Kualitatif pada
Siswa Kelas VI SDN Cipinang Cempedak 02 Pagi Jakarta Timur) (Sri Winarti, 2008)
161.
Aspek Ideologi dalam Buku Ajar Bahasa Prancis "Taxi 3" ditinjau dari Struktur Teks,
Praktik Wacana dan Praktik Sosial (Subur Ismail, 2008)
162.
Paragraf Bahasa Indonesia dalam Karangan Guru (Penelitian pada guru bahasa
indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan DKI Jakarta) (Suladi, 2008)
163.
Peningkatan Kemampuan Memahami Teks Bahasa Inggris melalui Teknik
Skimmimg-Scanning (Suatu Penelitian Tindakan pada Siswa SMA Negeri I Lainea
Propinsi Sulawesi Tenggara) (Sumarlin, 2008)
164.
Eksistensi Perempuan dalam Kumpulan Puisi Mimpi dan Pretensi Karya Toeti
Heraty: Sebuah Kajian Feminisme (Suryami, 2008)
165.
Religiusitas dalam Novel Ayat-ayat Cinta Karya Habiburrahman El-Shirazy (Suatu
Kajian Struktural Semiotika) (Tien Rostini, 2008)
166.
Logika dan Penalaran dalam karangan Argumentasi Siswa Kelas XII SMA Negeri 5
Tangerang (Suatu Penelitian Analisis Isi) (Vedia, 2008)
167.
Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris: Studi Korelasional Konsep Diri dan Sikap
terhadap Bahasa Inggris dengan keterampilan berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Batusangkar (Yuliana Kasuma, 2008)
168.
Hubungan Minat Baca dan Penguasaan Kosakata Unsur Serapan Asing dengan
Pemahaman Bacaan (Studi Korelasional pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Haluoleo) (Yunus, 2008)
169.
Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris melalui Model Pembelajaran
Kooperatif (Suatu Penelitian di SD Negeri 2 Baruga Kendari Sulawesi Tenggara)
(Yusniati Rambe, 2008)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 11 |



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


170.
The Effect of Communicative Language Teaching Technique and The Brain
Dominant Learning Styles on Students'Speaking Skiil (An Experimental Research at
Akademi Sekretari Budi Luhur Jakarta) (Zulvia Khalid, 2008)
171.
Campur Kode dan Alih Kode dalam penggunaan Bahasa Indonesia pada Proses
Belajar Mengajar di SD Negeri Kramatwatu I Serang (Ade Eka Anggraini, 2009)
172.
Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi dalam Bahasa Jerman melalui Pola
Latihan Analisis Kesalahan: Penelitan Tindakan di Program Studi Pendidikan Bahasa
jerman, Jurusan Bahasa Asing, FBS Unimed (Ahmad Sahat Perdamean, 2009)
173.
Aspek kekecewaan dalam Antologi Puisi "Du Fu Shixuan" (Alexandra Sawitri
Ekapartiwi, 2009)
174.
Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris: Studi Korelasional Kepercayaan Diri dan
Penguasaan Kosa kata dengan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Sekolah
Menengah Pertama Negeri (SMPN) 216 Jakarta (Arif Ma'mun Rifa'i, 2009)
175.
Improving The Students' Ability in Writing an Argumentative Essay Through a
Controlled-to-Free Teaching Writing Technique: A Classroom Action Research
Design For Higher Intermediate-4 Students of LBPP LIA Cikokol Propinsi Banten
(Aris Supriyanto, 2009)
176.
Hubungan antara Penguasaan Kosakata dan Pemahaman Tindak Tutur dengan
Kemampuan Mendengarkan (Survei di Kelas X SMAIT Nurul Fikri Depok) (Atikah
Solihah, 2009)
177.
Hubungan Pengetahuan Tekstual dan Kompetensi Strategi Komunikasi Tulis dengan
Keterampilan Menulis Teks Argumentatif : Survei terhadap Mahasiswa Semester II
Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri
Jakarta (Dony Setiawan, 2009)
178.
Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Naratif dalam Bahasa Inggris melalui
Pendekatan Berbasis Teks (Genre-Based Approach): Penelitian Tindakan pada Siswa
SMA Negeri 115 Jakarta (Elly Sofiar, 2009)
179.
Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi melalui Pendekatan Kontekstual
(Penelitian Tindakan di SDN Srengseng Sawah 15 jakarta Selatan) (Endah Ariani
Madusari, 2009)
180.
Pengaruh Metode pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Keterampilan Menulis
Puisi (Studi eksperimen di SMP Negeri I Pangkalpinang Kepulauan Bangka Belitung)
(Eti Fahriaty, 2009)
181.
Peningkatan Keterampilan Berbicara dalam Bahasa Indonesia melalui Gelar Wicara:
Penelitian Tindakan di SMA Negeri 115 Jakarta (Euis Sulastri, 2009)
182.
Hubungan Penguasaan Kosakata dan Kebiasaan Membaca dengan Pemahaman
Bacaan Bahasa Inggris (F. Rita Pudji Mahjarani, 2009)
183.
Hubungan Penguasaan Gramatikal dan Motivasi Belajar Siswa dengan Pemahaman
Bacaan Bahasa Indonesia (Survei di SMP Negeri 26 Jakarta Timur) (Ganda
Tambunan, 2009)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 12 |



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


184.
Keterampilan Menulis Cerpen Berbahasa Inggris (Studi Korelasional Pengetahuan
Struktur Cerita Fiksi dan Persepsi tentang Lisensia Puitika dengan Keterampilan
Menulis Cerpen Berbahasa Inggris Mahasiswa semester VI Jurusan Sastra Inggris
UNS) (Gigih Anggana Yuda, 2009)
185.
Perbandingan Struktur Kalimat Laras Bahasa Hukum dalam Bahasa Melayu dan
Indonesia (Hari Sulastri, 2009)
186.
Pesan Moral Dalam Antologi Puisi "Kembalikan Indonesia Padaku" Karya Taufiq
Ismail (Studi Struktural Semiotika) (Hindun, 2009)
187.
Kesalahan Sintaksis dalam Karangan Bahasa Indonesia (Sebuah Penelitian Analisis
Isi pada Mahasiswa PGSD UPI Tasikmalaya) (Indah Nurmahanani, 2009)
188.
Hubungan Minat Baca dan Penguasaan Kosakata dengan Pemahaman Bacaan
Berbahasa Inggris: Studi Korelasional pada Mahasiswa Jurusan Tarbiyah Sekolah
Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Palapa Nusantara Lombok -NTB (Jumatriadi, 2009)
189.
Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris: Studi Korelasional Minat Baca dan
Kompetensi Gramatikal dengan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Negeri Jakarta (La Ode
Masahu, 2009)
190.
Pembelajaran "Membaca" Bahasa Indonesia: Studi Kualitatif pada Siswa Kelas VII
SMP Negeri 185 Jakarta (Legiman, 2009)
191.
Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Baca Terhadap Pemahaman Bacaan
Bahasa Inggris. Studi Eksperimen di SMK Informatika Serang (Lina Marlina, 2009)
192.
Tingkat Kohesi Karangan Siswa SMA Negeri 1 Kota Bekasi (Maman Sulaeman, 2009)
193.
Interferensi Bahasa Betawi dalam Karangan Narasi Bahasa Indonesia Siswa Kelas
VIII MTs Negeri 20 Jakarta Timur (Maryamah, 2009)
194.
Medan Makna Leksikon Sikap dan Gerak Tubuh dalam Bahasa Indonesia: Suatu
Analisis Semantik (Menuk Hardaniwati, 2009)
195.
Citra "Geisha" dalam Novel "Yukiguni" Karya Kawabata Yasunari (Sebuah Kajian
Strukturalisme Genetik) (Metty Suwandany, 2009)
196.
Peningkatan Kompetensi Komunikasi Lisan Bahasa Inggris melalui Teknik Debat:
Penelitian Tindakan pada Kelas XI IPA 1 SMA Negeri Singkawang Kalimantan Barat
(Mukhaerifin, 2009)
197.
Peningkatan Keterampilan Menulis Kata Bahasa Inggris melalui Teknik Permainan
Bahasa (Penelitian Tindakan di Kelas IV SDS IKKT Jakarta Barat) (Neneng Maria
Kiptyah, 2009)
198.
The Effect of Communicative Language Teaching Techniques and Motivation on The
Students's Speaking Skill: An Experimental Research at Public Senior High School of
112 West Jakarta (Ninik Retno Pujatwati, 2009)
199.
Pendekatan Komunikatif dalam Buku Pelajaran Bahasa Inggris Rainbow 1 untuk
Jenjang English For Teens di LBPP LIA: Sebuah Analisis Isi (Nur Anggraini, 2009)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 13 |



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


200.
Penumbuhan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris melalui Permainan Bahasa:
Suatu Penelitian Tindakan di Kelas I di SD Islam PB Soedirman Kecamatan Pasar
Rebo Jakarta Timur (Nurjanah, 2009)
201.
Pengaruh Metode Pembelajaran dan Tingkat Percaya Diri terhadap Keterampilan
Berbicara Bahasa Inggris (Nursiah, 2009)
202.
Pembelajaran Bahasa Inggris Program Akselerasi (Suatu Penelitian Etnografi di SMP
Islam PB Soedirman Jakarta) (Romdanih, 2009)
203.
Alih Kode dan Campur Kode dalam Pengajaran Bahasa Inggris Kelas X SMAN 112
Jakarta Barat: Sebuah Penelitian Sosiolinguistik (Siti Amanah, 2009)
204.
Pengaruh Teknik Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap keterampilan
Membaca Bahasa Inggris: Suatu Penelitian Eksperimen di SMA Negeri 112 jakarta
(Sri Adriani, 2009)
205.
Peningkatan Keterampilan Membaca Kritis melalui Strategi Pembelajaran
Partisipatif (Suatu Penelitian Tindakan pada Siswa kelas XI A1 Di SMAK 3 Penabur
Jakarta) (Sunarta, 2009)
206.
Sistem Tanda dan Makna dalam Novel "The Da Vinci Code" (Suatu Kajian Struktural
Semiotik) (Susi Haryanti, 2009)
207.
Pranata Sosial Masyarakat Petalangan dalam Tambo Bujang tan Domang di Riau:
Suatu kajian Sosiologi Sastra (Titih Nursugiharti, 2009)
208.
Perubahan Makna Kata Dalam Kalimat Iklan Di Media Massa Cetak (Tri Mahajani,
2009)
209.
Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Melalui Teknik Diskusi
(Penelitian Tindakan Pada siswa Kelas XI SMA Islam Jailolo -Maluku Utara) (Udin
Ela-ela, 2009)
210.
Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris melalui Teknik Debat:
Penelitian Tindakan pada Mahasiswa Sastra Inggris UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
(Ummi Kultsum, 2009)
211.
Peningkatan Keterampilan Menulis Argumentasi melalui Teknik Brainstroming:
Penelitian Tindakan di kelas X SMA Negeri 79 Jakarta Selatan (Verawati Sitorus,
2009)
212.
Hubungan antara Pengetahuan Kosa Kata dan Minat Membaca dengan
Kemampuan Menulis Surat dalam Bahasa Inggris (Studi Korelasi pada Siswa SMK
Muhammadiyah Jakarta) (Zuhad Ahmad, 2009)
213.
Pengaruh Metode Pembelajaran dan Sikap Bahasa terhadap Kemempuan
Membaca Bahasa Inggris Siswa Kelas IX (Studi Eksperimen di SMPN 255 Duren
Sawit Jakarta) (Antonia Situngkir, 2010)
214.
Pengaruh Teknik Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan
Membaca Bahasa Arab. Studi Eksperimen di STAIN Kendari Sulawesi Tenggara
(Batmang, 2010)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 14 |



Daftar
Judul
Tesis
(PB/S2)


215.
Hubungan Kebiasaan Membaca Dan Pemahaman Struktur Kalimat Bahasa Inggris
Dengan Kemampuan Menerjemahkan Teks Sederhana Bahasa Indonesia Ke Dalam
Bahasa Inggris. Studi Korelasional di STKIP Setia Budhi Rangkasbitung-Banten
(Berita Mambarasi Nehe, 2010)
216.
Interferensi Morfologis Bahasa Sunda Dalam Karangan Narasi Bahasa Indonesia
Siswa Kelas V SDN Margajaya I Kota Bogor (Cucu Reswati, 2010)
217.
Pesan Bahasa dan Pesan Gambar dalam Iklan (Kajian Semiotik) (Dodi Firmansyah,
2010)
218.
Implikatur Dan Kesantunan Berbahasa Pada Wacana Percakapan Iklan Komersial Di
Televisi ( Sebuah Kajian Pragmatik ) (Eva Nurul Candra, 2010)
219.
Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi Melalui Pendekatan Kontekstual.
Penelitian Tindakan di SMP Negeri 1 Jakarta (I. Rohimah, 2010)
220.
Kesalahan Pelafalan Fonem Dalam Membaca Teks Bahasa Inggris ( Suatu Penelitian
Analisis Isi Pada Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Inggris IAIN Sultan Maulana
Hasanuddin Serang Banten ) (Ila Amalia, 2010)
221.
Hubungan Pengetahuan Skemata Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan
Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris. Survei Pada Mahasiswa STIE Pariwisata
Internasional (Meylani Tuti, 2010)
222.
Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Perancis Melalui Pendekatan Sinektik
(Penelitian Tindakan Di SMK Santa Theresia Menteng-Jakarta) (Mimi Enggriani,
2010)
223.
Peningkatan Penguasaan Stilistika Dalam Puisi Melalui Teknik Pembelajaran STAD
(Penelitian Tindakan Pada Mahasiswa Program Bahasa Inggris STBA Technocrat-
Lepisi Tangerang Banten Tahun Akademik 2009/2010) (Mutiarani, 2010)
224.
Pembelajaran Menulis Bahasa Arab Pada Jurusan Bahasa Arab Dan Sastra Arab
Fakultas Bahasa Dan Seni Di Univesitas Negeri Jakarta (Sebuah Penelitian
Etnografis) (Nurhasanah, 2010)
© Program Pascasarjana, Universitas Negeri Jakarta, 2010
| 15 |

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer