ANDRIW

Foto Saya
Metro-Jogja-Solo, Indonesia
Perusahaan: B.I.A.S (Badan Intelejen Asmara Sesaat) * Pendidikan Bahasa Indonesia - PPs-Universitas Sebelas Maret Surakarta. * PBSI-FBS UNY (Universitas Negeri Yogyakarta), Angkatan 2001 * SMAN 2 Metro * SMP Kartikatama Metro * SDN 5 Metro Selatan
(HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG.BAGI YANG MENGUTIP HARAP MENCANTUMKAN NAMA PENULIS)

Senin, 28 Februari 2011

Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Pengamatan Objek Langsung


Model pembelajaran lingkungan yang dapat dilakukan di sekitar sekolah tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Di samping itu, waktu yang dibutuhkan efisien secukupnya. Lingkungan sebagai media pengajaran pada dasarnya memvisualkan fakta gagasan, kejadian, peristiwa dalam bentuk tiruan dari keadaan sebenarnya untuk dibahas di kelas dalam membantu proses belajar mengajar.
Di lain pihak, guru dan siswa dapat mempelajari keadaan sebenarnya di luar kelas dengan menghadapkan para siswa kepada lingkungan yang aktual untuk dipelajari, diamati dalam hubungannya dengan proses belajar mengajar. Cara ini lebih bermakna disebabkan siswa dihadapkan pada peristiwa dan keadaan yang sebenarnya secara alami lebih nyata, lebih aktual, dan dapat dipertanggungjawabkan.
Keuntungan yang dapat diperoleh dari kegiatan mengamati lingkungan sekitar di antaranya:
a.       kegiatan belajar lebih menarik dan tidak membosankan siswa duduk dikelas berjam-jam sehingga motivasi siswa dalam belajar akan lebih tinggi,
b.      hakikat belajar akan lebih bermakna sebab siswa dihadapkan dengan situasi dan keadaan yang sebenarnya atau bersifat alami,
c.       bahan-bahan yang dapat dipelajari lebih kaya sehingga lebih aktual,
d.      kegiatan belajar siswa lebih komprehensif dan lebih aktif sebab dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengamati berwawancara, membuktikan, mendemonstra-sikan menguji fakta, dan lain-lain,
e.       sumber belajar menjadi kaya sebab lingkungan yang data dipelajari, dan
f.       siswa dapat memahami dan menghayati aspek kehidupan yang ada di lingkungannya sehingga dapat membentuk pribadi yang tidak asing dengan kehidupan di sekitarnya serta dapat memupuk cinta lingkungan.
Lingkungan benar-benar dimanfaatkan sehingga guru harus membagi waktu agar efisien dalam pembelajaran. Langkah-langkah yang harus ditempuh adalah:
1)      Langkah Persiapan
Ada beberapa prosedur yang harus ditempuh pada langkah persiapan ini adalah:
-       Guru menentukan tujuan yang diharapkan dicapai oleh para siswa, dan siswa diberitahu tujuan dari pembelajaran tersebut, agar siswa mengerti tujuan yang akan dilakukannya.
-       Menentukan objek yang akan diamati. Dalam hal ini guru menentukan objek yang sekiranya cocok untuk pembelajaran menulis puisi. Diuusahakan objek yang diamati adalah objek yang dekat dengan sekolah agar tidak membutuhkan waktu lama.
-       Menentukan cara belajar siswa dalam mengamati objek. Oleh karena itu siswa dapat bekerja dengan baik dan dapat mengerjakan sesuai dengan yang diharapkannya.
2)      Langkah Pelaksanaan
Pada langkah ini dilakukan kegiatan pembelajaran di tempat objek yang telah dipilih. Siswa mengamati objek secara langsung kemudian mengungkapakan apa yang dilihat, apa yang dirasakan oleh siswa, setelah itu perasaan atau objek yang dilihatnya dituangkan dalam bahasa puitis.
3)      Tindak lanjut
Setelah melakukan pengamatan objek dan megerjakan apa yang ditugaskan oleh guru, yaitu menulis puisi berdasarkan objek secara langsung maka siswa diharapkan untuk kembali ke kelas. Di dalam kelas, guru mencoba melihat hasil dari yang dilakukan siswa dengan melihat hasil puisi yang telah dituliskan oleh siswa. Agar seluruh siswa mengetahui kesalahan yang telah ditulisnya, guru menyuruh salah satu siswa untuk membacakan hasil puisi. Siswa yang lainn menilai atau mengoreksi pekerjaan teman. Program yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran sebagai berikut.
a)      Perencanaan
Pada tahap perencanaan ini dilakukan dalam pembelajaran menulis puisi adalah menentukan tema. Dalam hal itu peneliti menentukan tema lingkungan. Pembelelajaran yang dilakukan dengan teknik pengamatan objek secara langsung, siswa langsung berada dalam objek secara langsung di lingkungan sekolah yang cocok untuk pembelajaran sesuai dengan tema yang telah ditentukan.

b)      Tindakan
Kegiatan pembelajaran dilakukan selama pembelajaran menulis puisi berlangsung. Pembelajaran menulis puisi ini dilakukan dengan teknik pengamatan objek secara langsung. Pada pembelajaran ini dilakukan pengambilan data tes. Dalam pengambilan tes dengan tujuan untuk melatih siswa dalam menuls puisi.
Adapun tahap-tahap yang dilakukan sebagai berikut.
(1)   Menentukan tema; Tema menulis puisi pada siklus pertama adalah lingkungan.
(2)   Menentukan tujuan menulis; Tujuan menulis puisi adalah agar para dapat mengetahui keadaan, suasana, serta gambaran dari lingkungan yang diamati penulis puisi tersebut.
(3)   Mengumpulkan data atau bahan tulisan; Dalam pengumpulkan atau bahan tulisan yang digunakan untuk menulis puisi dilakukan dengan pengamatan objek secara langsung.
(4)   Menulis Puisi; Setelah melakukan pengamatan, kemudian siswa menuliskan, dalam bentuk puisi.

c)      Pengamatan atau observasi
Pengamatan yang dilakukan disini adalah pengamatan yang dilakukan terhadap kegiatan siswa selama penelitian berlangsung dalam pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik pengamatan objek secara langsung, yaitu dapat mengetahui siswa yang lancar dan paham, kemudian siswa yang belum paham dalam penulisan puisi.

d)      Refleksi
Pada kegiatan refleksi, dikaji hasil puisi dan perilaku siswa. Hasil refleksi yang ditemukan nantinya dimanfaatkan untuk mencari cara termudah dalam menulis puisi.

2 komentar:

  1. adakah sumber bukunya?? kalau ada tolong beritahu saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada ga buku sumber teknik teratai?

      Hapus